Khasiat Buah Pepaya Untuk Radang Tenggorokan

0
Posted in Kesehatan By AmyFlora

Penyakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang tenggorokan/kerongkongan. Kasus penyakit biasanya akan menimbulkan rasa sakit di tenggorokan sangat mengganggu, dan dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak . Terkadang penyakit penyakit ini muncul secara tiba-tiba, tetapi tidak jarang pula yang mengalami penurunan sebelum mengalami kondisi radang tenggorokan.

Khasiat Buah Pepaya Untuk Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau lebih dikenal dengan sebutan medis faringitis, terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Sistem kekebalan tubuh untuk penyakit radang tenggorokan baru akan terbentuk pada saat usia dewasa. Sehingga tidak heran jika penyakit ini lebih menyerang anak-anak dan remaja.

Gejala Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan biasanya disertai dengan ciri-ciri seperti sakit tenggorokan terutama saat menelan, sakit kepala, terjadi perubahan suara, pembengkakan kelenjar dileher, warna tonsil menjadi merah, serta sering merasa dehidrasi atau tenggorokan kering.

Dalam beberapa kasus yang terjadi radang tenggorokan juga disertai dengan gejala infeksi, seperti nyeri otot, hidung beringus, batuk, demam 38°C bahkan lebih, dan mudah kelelahan. Jika anda sudah mengalami gejala-gejala di atas, maka segera lakukan pemeriksaan. Karena kondisi seperti ini akan sangat berbahaya dan bahkan bisa mengancam jiwa. Salsah satu cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan memperbanyak konumsi buah pepaya.

Khasiat buah pepaya untuk mengatasi radang tenggorokan :

Buah pepaya (Carica papaya) merupakan buah aslinya yang berasal dari Meksiko. hampir semua orang menyukai buah pepaya, meskipun ada beberapa orang yang mungkin tdiak menyuakinya. Bukan hanya rasanya yang khas dan enak, ternyata di dalam buah pepaya ini terdapat banyak kandungan aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan senyawa yang ada dalam pepaya seperti, asam folat, betacryptoxanthin, betacryptoxanthin, betakaroten, Lutein Serta zexanthin, serat fiber, fosfor, kalori, kalsium, protein, hidrat arang, vitamin A dan C, zinc, potassium, dan selenium.

Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, ada satu kandungan yang berperan aktif dalam mengatasi radang tenggorokan dan berfungsi sebagai detoksifikasi alami. Detoksifikasi alami dalam buah pepaya mampu membersihkan racun-racun berbahaya dalam tubuh termasuk bakteri penyebab radang tenggoorkan.

Selain itu, di dalam pepaya juga terdapat kandungan betakaroten merupakan provitamin A juga antioksidan yang menjadi salah satu keunggulan di jadikan sebagai karena mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif lain.

rikki