Aplikasi Akuntansi Untuk Kembangkan UKM

0
Posted in Bisnis By AmyFlora

Dalam dunia , usaha kecil menengah biasanya hanya memanfaatkan asset usahanya yang berjalan di dalam kegiatan produksi saja. Mungkin fokus besar mereka dan satu-satunya meliputi pembelian input produksi, pengolahan produksi dan pemasaran hasil produksinya saja. Hal-hal tersebut memang perlu diberi perhatian serius demi mencapai keuntungan yang diharapkan. Namun, ada beberapa aspek kecil namun berperan penting dalam mencapai tujuan bisnis juga tidak kalah pentingnya. Sebut saja perihal pencatatan keuangan yang masuk dan keluar dalam sebuah bisnis, hal penting bagi berjalannya bisnis yang baik. Pencatatan ini dikenal luas sebagai akuntansi.

Pencatatan keuangan digunakan agar pelaku bisnis bisa mengetahui kesuksesan bisnis yang ia jalani. Pencatatan keuangan yang baik memberikan informasi mengenai laba dan rugi bisnis yang dijalani. Selain itu, laporan keuangan juga menyediakan informasi mengenai bertambah dan berkurangnya asset bisnis. Masih ada lagi, laporan keuangan juga mencatat hutang dan piutang sebuah bisnis. Dengan informasi yang begitu lengkap ini, anda sebagai pelaku usaha memiliki berbagai dasar yang bisa digunakan dalam membuat keputusan untuk mengembangkan bisnis anda. Pencatatan dalam periode tertentu juga bisa memberikan gambaran mengenai perkembangan usaha dari satu period ke periode lainnya.

Software akuntansi UKM

Aplikasi Akuntansi Untuk Kembangkan UKM

Aplikasi Akuntansi Untuk Kembangkan UKM

Tidak dipungkiri lagi, dalam kegiatan akuntansi diperlukan keahlian khusus. Tidak semua orang mengerti dan mampu menyediakan akuntansi yang baik dan sesuai dengan keadaan di lapangan. Namun, anda sekarang tidak perlu repot dan mengeluarkan biaya ekstra untuk merekrut seorang akuntan. Anda hanya cukup mengunduh aplikasi dari seluler pintar anda tanpa harus membayar sepeserpun dan anda hanya cukup memasukkan data keuangan bisnis anda. Dengan begini, anda akan memiliki laporan keuangan setiap periode yang anda tentukan.
Perlu diperhatikan bahwa perangkat lunak gratis mungkin tidak memenuhi harapan anda. Beberapa aplikasi mungkin hanya dibuat untuk tujuan keuntungan perusahaan pengembang aplikasi tersebut saja; misalnya memperoleh data pribadi anda, menyebarkan iklan dan seterusnya.

Saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi pencatat keuangan perusahaan yang aman untuk di gunakan. Selain, itu, aplikasi ini juga mudah digunakan bagi mereka yang masih memiliki pengetahuan dasar mengenai akuntansi. Terdapat berbagai fitur dari aplikasi-aplikasi tersebut yang berguna bagi keuangan bisnis anda. Fitur-fitur ini akan dipaparkan secara singkat sebagai berikut.

Jurnal Harian. Fitur ini merupakan tempat dimana anda mencatat segala transaksi yang perusahaan anda lakukan seperti pendapatan, pengeluaran, biaya pemeliharaan, pajak dan lain-lain.

Buku Besar. Fitur ini merupakan tempat dimana anda bisa melihat seluruh cakupan dari semua transaksi yang anda lakukan. Fitur ini juga menunjukkan nilai dari setiap akun atau rekening yang anda rumuskan. Dengan adanya aplikasi pembukuan dari software akuntansi online ini, semua transaksi akan dengan mudah tersusun.

Neraca Saldo. Seperti namanya, neraca saldo menunjukkan keseimbangan dari debit dan kredit dari setiap rekening dalam buku besar. Jika saldo debit dan kredit sama, ini artinya pencatatan keuangan sudah dilakukan dengan benar.

Laporan Laba Rugi. Disini, anda bisa melihat apakah bisnis yang anda jalankan selama satu periode memperoleh keuntungan atau bahkan menderita kerugian.

Laporan Neraca. Laporan ini merupakan laporan keseluruhan keuangan perusahaan. Laporan ini dapat anda bandingkan dengan laporan di periode lain. Dengan begini, anda akan mengetahui perkembangan usaha anda dari waktu ke waktu.

Export CSV. Fitur ini memberikan anda kemudahan untuk memindahkan file pencatatan atau laporan keuangan dari aplikasi ke file CSV yang bisa anda akses melalui Microsoft Excel.

Bagi anda yang merupakan pemula dalam dunia akuntansi, mungkin aplikasi ini, atau bahkan semua aplikasi keuangan, sulit untuk anda mengerti dan pergunakan. Maka dari itu, sebaiknya anda sedikit memperkaya pengetahuan anda untuk memanfaatkan aplikasi ini. Mungkin sedikit meluangkan waktu untuk mempelajari akuntansi sambil mengenang masa-masa SMA dulu akan menjadi aktifitas yang menarik dan bermanfaat bagi perjalanan perusahaan anda.

Aplikasi akuntansi untuk UKM ini sudah banyak dipergunakan oleh pelaku bisnis kecil dan menengah. Dalam ulasan aplikasi ini, mereka mengaku mendapat manfaat yang sangat besar dari penggunaan aplikasi ini. Rating 4.4 dari 5.0 diberikan oleh para pengguna aplikasi ini; hal ini berarti aplikasi ini sangat membantu mereka dalam mengurus keuangan perusahaan mereka.

You might also likeclose