Kunyit Untuk Darah Tinggi

0
Posted in Kesehatan By AmyFlora

Kunyit Untuk Darah Tinggi

Kunyit Untuk Darah Tinggi Kunyit diambil dari beritaharianmu  (Curcuma Domestica Val) merupakan salah satu rempah-rempah yang berkembang dan tumbuh di Indonesia. Kunyit termasuk ke dalam jenis tumbuhan umbi-umbian (zingiberaceae). Pada zaman dahulu kunyit dikatakan mirip dengan jahe oleh salah seorang Raja Cina.

Ternyata, kunyit sudah dikenal sebelum adanya perkembangan pesat pada dalam ilmu kedokteran. Kunyit dulu sering digunakan sebagai bahan antiseptik yang dapat mensterilkan alat-alat dari berbagai macam bakteri perusak yang cukup berbahaya.

Kunyit Untuk Darah Tinggi

Zat antibakterial yang terkandung di dalam kunyit juga dapat berfungsi untuk membersihkan lambung serta saluran pencernaan pada manusia.

Kunyit sering digunakan sebagai bumbu masakan atau pewarna. Selain itu, kunyit juga memilki banyak manfaat yaitu bisa menjadi obat tradisional, seperti antiinflamasi, mengurangi pendarahan, menambah nafsu makan serta dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya sampai disitu, kunyit juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Inilah cara penyajian kunyit untuk darah tinggi yang dapat dilakukan, berikut.

  • Ambil setengah ruas jari kunyit yang sudah dibersihkan sebelumnya,
  • Parut atau haluskan kunyit,
  • Lalu peras parutan atau kunyit yang telah dihaluskan tadi untuk mendapatkan sari nya.
  • Kemudian masukan satu sendok teh ke dalam sari kunyit tersebut,
  • Minum dan lakukan secara rutin di pagi dan sore hari.

Efek samping apa yang mungkin akan ditimbulkan oleh kunyit sebagai obat darah tinggi?
Sampai sekarang kunyit dikenal sebagai obat tradisional yang tidak mempunyai efek samping yang cukup berarti.

Karena kunyit memiliki banyak manfaat dan dalam membudidayakan nya juga terbilang cukup mudah maka banyak masyakarat yang menanam tumbuhan berjenis umbi-umbian di halaman rumahnya.

Perawatannya pun juga mudah, tanaman ini tidak memerlukan lahan yang cukup luas jika perlu kunyit bisa ditanam didalam pot. Dalam hal penyiraman, kunyit tidak dianjurkan untuk sering di siram karena bisa menyebabkan rimpang kunyit membusuk.Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat atau manfaat yang dimiliki oleh rimpang kunyit. Semoga artikel ini dapat membantu anda dirumah yang masih meragukan khasiat kunyit sebagai obat darah tinggi

Rikki