Alasan Penting Mengapa Pembukuan Perlu Dibuat Untuk Mengelola Bisnis Anda

0
Posted in Bisnis By AmyFlora

Sebagian pelaku usaha tidak menyadari betapa pentingnya peran pembukuan di dalam usaha mereka. Padahal jika ditelaah secara baik-baik, book-keeping disini memiliki peran yang sangat penting bagi berdirinya suatu baik kecil ataupun menengah dalam jangka waktu yang panjang.

Terlalu rumit dan tidak memiliki keahlian di bidang akuntansi merupakan alasan yang klise dan sering dipakai oleh sebagian pelaku usaha untuk tidak menyusun book-keeping di dalam usaha mereka.

Mungkin setelah menyimak informasi mengenai betapa pentingnya aspek pembukuan di dalam suatu bisnis berikut akan menyadarkan Anda bahwa book-keeping merupakan komponen yang tidak boleh ditinggalkan dalam menjalankan bisnis.

Penting mengapa pembukuan dalam akuntansi perlu dibuat

Alasan Penting Mengapa Pembukuan Perlu Dibuat Untuk Mengelola Bisnis Anda

Alasan Penting Mengapa Pembukuan Perlu Dibuat Untuk Mengelola Bisnis Anda

  1. Ingatan manusia yang terbatas

    Ya, ingatan manusia memang terbatas, jadi Anda tidak bisa mencatat semua transaksi keuangan hanya di otak saja. Oleh sebab itu, sekecil apapun transaksi yang dilakukan oleh perusahaan harus dicatat.

    Dengan mencatat semua transaksi keuangan, maka pelaku usaha sedikit banyak akan mengingat hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, seperti jumlah piutang yang harus ditagih, jumlah hutang yang belum dibayarkan, sampai jumlah gaji yang semestinya dibayarkan kepada karyawan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  2. Menghitung kekayaan

    Tidak ada cara yang paling jitu untuk mengetahui kekayaan dari perusahaan selain mencatatnya satu per satu secara detail dan menghitung secara keseluruhan. Bagaimana Anda bisa mengetahui berapa banyak total kekayaan dan perkembangan harta yang dimiliki perusahaan jika tidak dengan mencatatnya.

    Catatan pembukuan wajib di update setiap saat agar dapat mengetahui lebih jelas mengenai berapa pendapatan perusahaan setiap harinya, berapa jumlah barang yang terjual, berapa besar modal yang tersedia sebagai cerminan kekayaan dari perusahaan Anda.

  3. Memudahkan penelusuran

    Ketika terjadi keliruan transaksi, ketika mendapat pengaduan dari pelanggan mengenai potongan harga, pembayaran, ataupun barang yang rusak, dari mana perusahaan Anda bisa menelusuri masalah tersebut selain menggunakan catatan.

    Bila Anda tidak membuat pembukuan, maka untuk menyelesaikan masalah ini perlu dilakukan pembongkaran semua nota yang letaknya entah dimana. Hal tersebut akan memakan banyak waktu dan membuat pekerjaan Anda terhambat.

  4. Memudahkan kendali dan analisa

    Pencatatan yang rutin akan memudahkan Anda dalam mengakses informasi terkait dengan keadaan keuangan perusahaan saat ini. Jadi, perkembangan usaha dapat dipantau secara jelas dengan dibuatnya book-keeping ini.

    Jika suatu saat terjadi masalah terkait dengan perusahaan, maka akan mudah ditemukan penyebabnya, menganalisa masalahnya, dan menemukan solusi yang paling tepat.

    Semua masalah yang berkaitan dengan keuangan perusahaan dapat dikendalikan dengan baik dan cepat, karena book-keepingnya selalu di-up date setiap saat. Jadi, sekecil apapun masalahnya dapat terdeteksi dan tertangani dengan sangat baik.

  5. Sumber data untuk pihak ketiga

    Pihak ketiga yang dimaksud adalah debitur dan investor. Seiring dengan berkembangnya usaha, pastinya perusahaan Anda juga akan membutuhkan suntikan dana. Nah, disitulah kemunculan orang ketiga sangat diperlukan bagi perusahaan Anda.

    Secara otomatis investor atau debitur akan melihat boo-keeping keuangan dari perusahaan Anda untuk melihat prospek perusahaan ke depannya.

  6. Sebagai dasar perencanaan

    Perencanan usaha ke depannya tentu membutuhkan analisis dari data keuangan dari tahun-tahun sebelumnya. Dari data tersebut dapat diputuskan langkah apa yang sebaiknya ditempuh untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki kelemahan dari bisnis yang dijalankan.

Mengingat betapa pentingnya pembukuan bagi perusahaan, sudah semestinya Anda menyusun book-keeping dengan sebaik-baiknya.

Agar data yang dihasilkan akurat, gunakanlah software Sleekr Accounting yang sudah terjamin kecanggihan dan kehandalannya. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan book-keeping dan akuntansi dapat tertangani dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs https://sleekr.co/accounting/.

You might also likeclose