5 Hal yang Menjadi Penyebab Tifus dan Wajib Dihindari

0
Posted in Kesehatan By AmyFlora

Penyakit tipes merupakan sejenis penyakit yang terjadi akibat infeksi systemic yang dilakukan oleh kuman penyebab tifus itu sendiri. Penyakit awalnya memang terlihat penyakit ringan dengan gejala demam tinggi, mual, pusing, dan lain sebagainya. Namun jika sejak munculnya gejala pertama tidak ditangani maka nantinya akan muncul gejala lanjutan. Semakin lama akan semakin parah sebab nantinya akan terjadi komplikasi yang bisa mempengaruhi sistem kerja organ vital di dalam tubuh.

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Penyakit Tifus Ini?

5 Hal yang Menjadi Penyebab Tifus dan Wajib Dihindari

Penyakit tifus umumnya bisa dialami oleh bayi, anak-anak, dan juga orang dewasa sehingga tidak memiliki sasaran khusus. Sanitasi yang buruk menjadi pemicu utama tifus menyerang, selain itu berikut adalah penyebab penyakit tifus lainnya yang perlu diketahui dan dihindari:

  1. Konsumsi olahan laut yang tinggal di air terkontaminasi urin maupun tinja yang sudah terinfeksi bakteri tifus.
  2. Konsumsi sayuran yang ditanam petani memakai pupuk dari kotoran yang terinfeksi.
  3. Konsumsi produk susu yang ternyata sudah mengalami kontaminasi.
  4. Memakai toilet yang terdapat bakteri tifus.
  5. Melakukan seks oral.

Pada awalnya bakteri yang masuk ke tubuh melalui sebab-sebab di atas akan langsung menyerang sistem pencernaan. Sehingga muncul gejala sakit perut dan mual serta muntah, semakin lama gejalanya semakin berkembang. Dalam kondisi yang semakin parah biasanya bakteri tifus ini sudah menyerang organ di luar sistem pencernaan. Jika ditanya dampaknya maka akan sangat luas sekali sehingga perlu ditangani dengan segera sekaligus tepat. biasanya penderita akan diberi obat oleh dokter dan dianjurkan melakukan istirahat total.

Apabila tifus sudah berlangsung lama dan kondisi penderitanya sudah parah maka bisa membuat penderita di opname. Perawatan intensif perlu dilakukan untuk pemulihan, biasanya memerlukan waktu sampai beberapa minggu. Bergantung kepada kondisi tubuh pasien dan seberapa jauh infeksi melebar di dalam tubuh. Baiknya cegah setiap penyebab tifus sejak dini dengan memperhatikan sanitasi, jangan lupa selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lifebuoy menjadi sabun terbaik untuk kebutuhan tersebut sebab ampuh membunuh beragam kuman penyebab penyakit apapun termasuk tifus.

You might also likeclose