Birmingham Central Mosque (London)

0
Posted in Travel By AmyFlora

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensyiarkan agama , termasuk dalam menyebarkan pemahaman mengenai Islam yang ramah, santun, dan penuh kasih sayang. Salah satu nya adalah apa yang dilakukan Dewan Muslim di Negara Inggris.

Organisasi yang menaungi warga Muslim di Inggris itu menyelenggara kan acara yang di namakan ”Visit My Mosque Day”. Pada acara tahunan , masyarakat Inggris dari berbagai latar belakang agama dapat berkunjung ke lebih dari 90 masjid di Negara Inggris.

Birmingham Central Mosque (London)

Birmingham Central Mosque(London)

Di antara masjid yang akan membuka pintu lebar-lebar bagi pengunjung adalah masjid yang berada di kota-kota besar dengan populasi Muslim yang besar, seperti London, Birmingham, Manchester, Leeds, Glasgow, Cardiff, Belfast, Plymouth, dan Canterburry.

Masjid-masjid tersebut di antara nya masjid tertua di Inggris, yakni Masjid Shah Jahan di Woking, Surrey, dan Masjid Abdullah Quilliam, Liverpool, yang di bangun pada akhir abad ke-19. Masyarakat juga dapat mengunjungi masjid besar lain nya, seperti Islamic Cultural Centre,  London serta Masjid London Timur. Sedang kan, warga Birmingham dapat mengujungi Birmingham Central Mosque karena banyak sekali masjid-masjid yang berada di inggris ini meskipun agama yang minoritas tetapi pemerintah inggris mendukung adanya pembuatan masjid di Inggris bisa di sebut juga banyak.

Jumlah masjid yang ambil bagian dalam ”Visit My Mosque Day” tahun ini jauh lebih banyak ketimbang tahun lalu yang hanya melibat kan 20 masjid.

Menurut Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris Dr.Shuja Shaffi, acara ini bertujuan menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang Islam. ”Kami kira akan berguna untuk membuka sebanyak mungkin masjid untuk para tetangga dan mengungkap apa yang terjadi di dalam nya,” kata nya seperti yang telah di lansir laman muslimnews.co.uk.

Melalui acara yang di gelar pada Ahad (7/2) lalu itu, ia berharap, warga Inggris akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Islam. Salah satu pengunjung dalam kegiatan ”Visit My Mosque Day” ini adalah Pastor Jeremy Taylor dari Gereja Paroki Wood St John. Ia mengatakan, beragam masalah datang akibat ketidak pedulian dan tidak saling mengenal di kalangan masyarakat. (Baca juga : Mengapa umroh harus di suntik vaksin meningitis)

“Acara yang indah ini dapat membantu menumbuh kan pemahaman yang lebih baik, ” katanya.
Oliver Miller, mahasiswa studi keamanan internasional di sebuah universitas di London, mengatakan, ia datang untuk mencari tahu tentang agama Islam yang sesungguh nya.

“Saya ingin mengetahui lebih banyak tentang pesan Islam karena selama ini kita mendengar banyak tentang hal itu di media yang digambarkan dalam baik dan buruk,” kata Miller. Kemudian Ia menilai, acara ini sangat baik untuk memperkenal kan Islam sehingga Islam menjadi terbuka dan tidak tersembunyi dari masyarakat. Miller mengaku tertarik mengunjungi masjid setelah membaca berita tentang Presiden AS Barack Obama yang untuk pertama kalinya mengunjungi masjid di AS, belum lama ini.

Birmingham adalah kota terbesar kedua di Inggris. Kota ini dengan berjarak kurang lebih 200 km sebelah utara London. Menurut data statistik tahun 2005, jumlah penduduk nya mencapai 1 juta orang. Sebagai kota yang besar, toleransi umat beragama di sana juga cukup baik. Hal ini terbukti dengan bermunculan nya komunitas muslim yang mencapai 14,3 persen atau sekitar 140.000 orang. Untuk memenuhi kebutuhan ibadah maka di bangun lah sebuah bangunan yang bernama Birmingham Central Mosque.

Birmingham Central Mosque merupakan salah satu masjid terbesar di Inggris.  Dengan gaya Arstitektur nya yang telah di rancang oleh Sir Frederick Gibberd yang di bangun pada tahun 1969 dan di buka untuk pada tahun 1975. Ini adalah salah satu bangunan keagamaan paling di kenal di kota Birmingham dan banyak umat muslim yang mengunjungi nya setiap hari.

The Birmingham Central Mosque terbuka untuk pengunjung sepanjang tahun. Sebagian besar pengunjung berasal dari media, sekolah, perguruan tinggi, universitas dan lembaga-lembaga lain yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang masjid dan agama Islam. Sekedar informasi sebelum memasuki masjid pengunjung harus mengisi buku tamu. Hal tersebut sudah di lakukan sejak pada tahun 1984.

Umat muslim di Birmingham umum nya berasal dari Pakistan, India, Bangladesh dan Srilanka. Beberapa orang juga berasal dari Arab, Afrika dan sebagian orang Indonesia. Banyak dari mereka adalah mahasiswa yang kuliah di sana dan sebagian juga adalah pengusaha.

Birmingham Central Mosque (London)

Birmingham Central Mosque(London)

Birmingham Central Mosque selain menjadi tempat ibadah juga sering di gunakan untuk mengadakan seminar, mempelajari agama Islam dan berdiskusi bagi umat muslim. Masjid tersebut mencermin kan identitas masyarakat muslim. Bentuk kubah yang berwarna putih dengan sebuah menara tinggi merupakan simbol dari tempat ibadah tersebut.

Di sana kita juga dapat mengagumi keindahan lain nya. Bagian dalam masjid terdapat beberapa ornamen khas timur tengah berupa kaligrafi. Yang paling menarik yaitu bagian dalam kubah yang di hiasi seni Islam tradisional seperti cutwork arabesque yang berbentuk geometris. Di tengah ruangan juga terdapat lampu gantung yang indah dengan bentuk yang rumit dan artistik. Ruang tersebut dapat menampung lebih dari lima ribu jamaah. Ada juga ruangan khusus wanita yang berada di balkon menghadap lorong.

Kemegahan bangunan Birmingham Central Mosque di bangun agar tercipta tempat yang membuat pengunjung merasa tentram dan khusyuk dalam beribadah. Pemerintah Birmingham juga mempromosikan masjid tersebut sebagai media sosialisasi interculturalism atau perpaduan kebudayaan. (Ikuti Program : Umroh Plus Eropa)

Birmingham Central Moque beralamat di 180 Belgrave Middleway, Highgate, Birmingham, West Midlands B12 0XS, Inggris. Untuk mencapai nya Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti bus dengan rute London Euston tujuan Smethwick Galton Bridge atau Southampton Central tujuan Manchester Piccadilly. Kita juga dapat menggunakan mobil melalui rute M40, M1 dan M6 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Aktivitas dakwah di Birmingham

Birmingham Central Mosque (London)

Birmingham Central Mosque(London)

Peluang untuk berdakwah di Birmingham sangat besar. Selain di masjid, banyak muslim berkumpul di pasar, community centre, perpustakaan, dan playground. Asalkan lancar berbahasa Inggris, diskusi apapun bisa berjalan. Apalagi jika bisa berbahasa Arab, antusiasme umat menjadi lebih tinggi. Banyak juga private Islamic circles diadakan di rumah para sisters. Alhamdulillah, komunitas muslim umum nya sangat harmonis. Meski meyakini berbagai madzhab, mereka bersatu dalam masalah yang membutuhkan persatuan ummat, seperti kasus penjajahan Israel terhadap Palestina, kartun Nabi Muhammad SAW, penghinaan terhadap Quran, dll. Hal ini tidak berarti tidak ada masalah sama sekali. Kami tetap menemui masalah di sana sini, terutama karena pemerintah sangat gencar untuk memecah belah muslim.

Saat Anda bepergian ke Inggris sempatkan juga untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata religi lainnya seperti Katedral Westminster, Library of Birmingham dan Admiralty Arch. Nah jika ingin beristirahat menginaplah di beberapa hotel seperti Hilton Birmingham Metropole Hotel, Wake Green Lodge Hotel dan Arden House Hotel. Masjid ini banyak di kunjungi bagi para pengunjung yang muslim tentunya tidak khawatir meskipun sedang berlibur mereka juga tidak lupa dengan kewajiban nya untuk beribadah.