5 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

0
Posted in Kesehatan By AmyFlora

Setiap orang pasti pernah mengalami . Coba bayangkan, betapa menyakitkannya sariawan yang diderita saat anda mengunyah makanan sehingga anda harus hati-hati saat sedang makan. Terkadang, ukuran sariawan bisa sangat besar, tergantung dari parahnya situasi anda tersebut. Tapi kabar baiknya, sariawan merupakan salah satu penyakit yang tidak menular. Walau demikian kita perlu dengan segera mencari dengan segera.

Sariawan merupakan luka terbuka yang terbentuk di jaringan lunak di mulut, biasanya terjadi pada bibir bagian dalam, gusi dan lidah. Luka biasanya berbentuk bulat putih disertai dengan terdapatnya lingkaran merah seperti cincin di tepi luarnya. Biasanya butuh waktu sekitar satu hingga dua minggu untuk penyembuhan, tergantung dari ukurannya.

5 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Dan Penyebab Sariawan

Penyebabnya tidak diketahui secara pasti, namun menurut Bill Crutchfield, DDS, seorang dokter gigi dari Virginia Utara mengatakan bahwa biasanya adalah dipicu oleh cedera ringan seperti menggigit pipi bagian dalam anda secara tidak sengaja, iritasi di mulut, stres, kekurangan gizi, sensitif terhadap makanan dan alergi. Tidak hanya itu, Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat  juga menambahkan penyebab sariawan bisa juga beberapa faktir misalnya seperti faktor turunan, lemahnya sistem kekebalan tubuh, dan akibat memiliki dua kromosom X yang biasanya dimiliki oleh perempuan.

Jika anda sudah terjangkiti atau tengah menderita sariawan di lidah, maka anda bisa mencoba beberapa cara mengobati sariawan seperti di bawah ini.

Hindari Makanan Asam dan Manis

Makanan asam bisa mengiritasi sariawan lebih lanjut, menyebabkan sensasi terbakar dan memperpanjang proses penyembuhan. Rajan Sharma, DDS, pemilik dari EON Clinic juga mengatakan bahwa bakteri di dalam mulut anda akan mengubah gula menjadi asam. Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan pada gigi, dan juga dapat memperpanjang usia penyakit sariawan.

Kumur Air Garam

Beberapa dokter gigi pernah menyarankan akan hal ini, dan ternyata memang bekerja secara lebih baik. Garam berfungsi untuk membersihkan dan mendehidrasi luka untuk membantu menyembuhkan, serta mematikan rasa sakit untuk sementara. Namun perlu diingat biasanya akan sangat terasa sakit di awal, sebelum akhirnya rasa sakit itu hilang.

Gunakan Baking Soda

Baking soda dapat menjadi alternatif dari air garam karena mengandung alkali yang membantu menetralkan asam di mulut. Baking soda dapat membersihkan dan menenangkan pada saat bersamaan.

Gunakan Hidrogen Peroksida

Crutchfield merekomendasikan berkumur dengan hidrogen peroksida untuk mengobati sariawan. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik, sehingga dapat membersihkan luka dan mempercepat penyembuhan, serta tidak membuatnya sakit seperti yang dilakukan oleh air garam.

Gunakan Susu Magnesia

Anda mungkin tahu susu magnesia atau magnesium hidroksida yang digunakan sebagai solusi dalam mengobati Heartburn dan sembelit. Tapi ternyata, susu magnesia juga membantu dalam mengobati sariawan. Sama seperti baking soda, susu magnesia merupakan alkalin yang menetralkan asam di perut, serta menetralkan asam yang membuat sariawan di lidah anda. Susu magnesia juga dapat melindungi anda dari iritasi. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikumur, atau bisa oleskan langsung pada luka sariawan anda.