Kisaran Harga Hewan Qurban Sesuai dengan Bobotnya Tahun Ini yang Bisa Anda Pilih

0
Posted in Bisnis By AmyFlora

Kisaran Harga Hewan Qurban Sesuai dengan Bobotnya Tahun Ini yang Bisa Anda Pilih

Berkurban adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat di hari raya Idul Adha. Menyembelih hewan ternak yang dimiliki untuk kemudian dibagikan daging sembelihannya adalah salah satu cara untuk menumbuhkan sifat sosial, solidaritas dan kemanusiaan antara umat beragama. Sering disebut dengan berkurban karena bagi yang melaksanakan ibadah tersebut harus rela dengan ikhlas mengeluarkan uang atau hewan ternaknya untuk disembelih dan dibagikan pada yang berhak menerima. Harga hewan qurban juga berbeda dengan harga hewan ternak di hari biasa karena banyak yang membutuhkannya di saat yang bersamaan.

Tak semua hewan yang bisa dikurbankan, hanya hewan ternak mamalia tertentu saja yang bisa dijadikan kurban yaitu:

  • Unta.
  • Sapi.
  • Domba.
  • Kambing.

Di Indonesia sendiri tidak banyak yang memiliki domba apalagi unta, karenanya hanya sapi dan kambinglah yang sering digunakan untuk berkurban. Adapun usia sapi yang diperbolehkan menjadi hewan kurban adalah minima 2 tahun sedangkan untuk kambing adalah usia minimal 1 tahun.

Untuk patokan harga hewan ternak yang memenuhi syarat hewan qurban, biasanya dihitung berdasarkan bobot atau besar kecil hewan. Semakin besar bobotnya maka semakin mahal pula harga yang bisa dibandrolkan pada hewan tersebut. Berikut adalah kisaran harga hewan sesuai dengan bobotnya tahun ini:

  • Sapi dengan bobot lebih dari 225 kg dijual sekitar Rp. 12.500.000.
  • Sapi dengan boot lebih dari 400 kg dijual dengan harga sekitar Rp. 22.000.000.
  • Kambing dengan bobot 17 kg, dijual dengan harga sekitar Rp. 1,8 juta.
  • Kambing dengan bobot sekitar 40 kg dijual dengan harga Rp. 4 jutaan.

Selain bobot, yang mempengaruhi harga dari hewan qurban adalah lokasi pembeliannya. Jika Anda membeli langsung dipeternaknya yang sehari-hari mengurusi kambing atau sapi tersebut maka harga yang bisa Anda dapatkan akan sangat lebih murah dibandingkan membeli dari penjual. Tetapi jika Anda berada di kota yang minim akan peternak sehingga hewan qurban umumnya didatangkan dari daerah lain, maka harga hewan tersebut bisa menjadi sangat mahal sesuai dengan harga pasaran di kota tersebut.

Jika Anda ingin berqurban tahun ini, maka saat ini adalah saat yang tepat untuk mulai melakukan pencarian hewan kurban yang akan dibeli untuk disembelih pada hari raya Idul Adha. Anda bisa membeli satu ekor kambing untuk satu nama atau satu keluarga, ataupun satu ekor sapi untuk beberapa nama atau satu kelompok. Dengan berkurban maka diharapkan kesejahteraan akan tercipta bukan hanya untuk umat muslim saja namun juga seluruh manusia pada umumnya. Namun jangan lupa juga untuk memakan sebagian dari hewan kurban Anda karena hal tersebut lebih dianjurkan.