Apakah Hukum Qurban Idul Adha Wajib? Simak Pendapat Para Ulama Berikut!

0
Posted in edukasi By AmyFlora

Apakah Hukum Qurban Idul Adha Wajib? Simak Pendapat Para Ulama Berikut!

Eforia masyarakat dalam menyambut hari raya idul adha memang sangat besar, apalagi mereka selalu menyiapkan berbagai jenis hewan ternak sebagai hewan qurban. Sampai-sampai ada yang beranggapan bahwa adanya penyembelihan saat hari raya qurban tersebut hukumnya wajib, jadi seluruh umat yang ada di dunia harus melaksanakan. Bagi mereka yang tidak melaksanakan seolah-olah akan mendapatkan dosa yang besar. Sebenarnya tidak ada salahnya semua orang akan berpendapat sesuai dengan pengetahuannya, tetapi tidak sedikit dari mereka yang mengatakan tanpa ada dasaran hukum yang jelas. Akibatnya hal tersebut akan menjadikan rancu dalam mengartikan sesuatu.

 

Para ulama sendiri memang banyak yang mempunyai pendapat yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya tetapi mereka mempunyai dasaran hukum yang jelas. Secara garis besar memang hukum qurban idul adha itu wajib tetapi hanya untuk orang-orang yang tergolong mampu. Secara sederhananya begini, qurban identik dengan penyembelihan hewan kambing atau sapi yang mempunyai harga cukup mahal. Kalau memang qurban diwajibkan untuk seluruh umat islam, apa kabar mereka yang dalam keadaan fakir dan miskin. Untuk mencukupi kebutuhan setiap harinya saja susah apalagi untuk membiayai pembelian hewan qurban.

 

Memang tidak salah bagi mereka yang berpendapat bahwa qurban merupakan hal wajib yang perlu dilakukan. Tetapi kenapa hal tersebut wajib karena beberapa faktor yang menjadi syarat telah terpenuhi. Menurut pendapat para ulama sendiri wajib dalam pelaksanaan qurban terbagi menjadi dua yaitu:

 

  1. Mazhab Al-Hanafiyah mengatakan bahwa melakukan atau melaksanakan penyembelihan hewan udhiyah hukumnya wajib buat setiap muslim yang muqim yang setiap tahunnya mengulangi kewajibannya. Pendapat ini berdasarkan firman Allah: “maka mendirikan shalat karena Tuhanmu dan juga berkubanlah” (QS. Al-Kautsar :2). Dari surat tersebut pendapatnya bahwa semua perintah itu mempunyai hukum wajib. Jadi jika tidak melaksanakan seolah-olah orang tersebut bukan seorang muslim.
  2. Yang kedua yaitu pendapat dari seorang ulama yang menyebutkan bahwasannya qurban itu bisa menjadi wajib jika sebelumnya telah menjadi nadzar. Nadzar sendiri merupakan sebuah janji kepada sang pencipta apabila sebuah permintaan telah dikabulkan, maka dari situ akan dilaksanakan sebuah ibadah sunnah yang telah menjadi wajib untuk dilaksanakan. Jadi kesimpulannya yang disunnahkan bisa menjadi wajib jika hal tersebut telah dijanjikan untuk dikerjakan.

 

Jika dari kedua pendapat berbeda tersebut ditarik kesimpulan bahwa melaksanakan ibadah qurban dengan ditandai penyembelihan hewan itu sunnah. Tetapi hukum tersebut bisa menjadi wajib jika seseorang telah melakukan janji yang harus dibayar kepada Allah. Untuk yang mewajibkan memang hanya sebagian ulama, tetapi sebaiknya bagi yang merasa mempunyai kelebihan harta lebih baik untuk melaksanakan. Karena berqurban akan membersihkan diri dari dosa, memberikan pahala dan yang paling penting dapat menolong sesama yang kekurangan dalam kebutuhan makanan setiap harinya.