Bus Wisata Malang City Tour Macyto

0
Posted in edukasi By AmyFlora

Bus Wisata Malang City Tour Macyto

Kota Malang tampaknya makin berbenah dari segi penyediaan fasilitas dan sarana pariwisata, salah satunya melalui bus wisata Malang City Tour. Hal tidak jauh beda di Jakarta di mana terdapat bis tingkat khusus wisata bernama Jakarta City Tour atau Mpok Siti karena pengemudinya wanita. Selain itu, di Kota Bandung juga tersedia Bandros, singkatan dari Bandung Tour On The Bus. Sementara di Solo tersedia Werkudara dan di Semarang terdapat Semarjawi atau Semarang Jalan-jalan Wisata. Kota Malang tidak mau ketinggalan juga dengan menghadirkan bus tingkat khusus wisata dengan nama Malang City Tour. Bus tingkat ini disebut Macyto.

 

Terdapat dua unit bus tingkat yang telah disediakan Pemerintah Kota Malang. Kedua bus ini biasa mangkal di depan Balaikota Malang. Waktu operasional bus wisata Malang City Tour ini adalah dari pukul 09.00 hingga 12.00. Di hari Minggu jam operasionalnya lebih tinggi yaitu di jam 10.00 karena adanya car free day. Kehadiran bus tingkat ini disambut baik oleh masyarakat sebagai salah satu wisatabaru.com yang dianggap menarik. Peminatnya tak hanya dari wisatawan domestik namun juga mancanegara. Banyaknya peminat sempat membuat pihak Pemkot kewalahan, hingga akhirnya dibuat peraturan untuk memprioritaskan turis asing terlebih dahulu. Jika masih ada kursi tersisa maka barulah wisatawan lokal bisa ikut naik.

 

Bus wisata Malang City Tour atau Macyto ini turut dilengkapi seorang pemandu wisata yang menggunakan speaker. Setelah menunggu kira-kira 20 menit, Macyto akan berjalan dengan kecepatan pelan, yaitu hanya 20km/jam saja. Wisatawan bisa mengambil foto di sepanjang perjalanan. Pemandu wisata yang ada juga akan memberikan informasi dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris mengingat banyaknya turis asing yang turut dalam rombongan Macyto ini. Bus wisata ini akan berjalan ke Kayutangan, Jl. Semeru, Jl. Ijen lalu berhenti di Museum Brawijaya. Dari sini, penumpang yang berada di lantai atas akan bertukar posisi dengan penumpang di lantai bawah. Perjalanan menggunakan Macyto kira-kira memakan waktu antara 30 hingga 45 menit.