Waspada musim Hujan terhadap banjir dan penyakit

0
Posted in Kesehatan By AmyFlora

Musim hujan kali tidak ada bedanya dengan musim hujan yang lain, khususny di Jakarta. Hal ini karena lagi-lagi Jakarta di serang banjir yang tentunya membuat warga panik karena rumah mereka terendam. Dengan adanya musim hujan ini, beberapa hari yang lalu luapan sungai Citarum membuat para warga yang tinggal di daerah tersebut merendam enam kecamatan yaitu kecamatan Baleendah, Rancaekek, Dayeuhkolot, Cileunyi, Majalaya, dan Bojongsoang. Hal ini diakibatkan karena hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari yang lalu sehingga tidak hanya sungai Citarum, namun anak-anak sungainya pun ikut meluap. Hal ini sudah biasa terjadi di sungai Citarum sehingga masyarakatnya pun sudah terbiasa dan bersiap diri untuk mengungsi hingga kondisi dari tempat tinggal mereka aman untuk ditinggali lagi.

Waspada musim Hujan terhadap banjir dan penyakitNamun, kita tidak bisa menyalahkan musim hujan atas bencana banjir yang sering terjadi di Jakarta. Dengan adanya sampah dimana-mana dan juga kebiasaan membuang sampah sembarangan di hulu sungai membuat banjir sering terjadi dan merugikan masyarakatnya sendiri. oleh karena itu kesadaran harus dibangun sejak awal. Kesadaran pertama harus dibangun oleh diri sendiri lalu salurkan pada keluarga dan juga tetangga sekitar. Jika hal ini terus dilakukan maka niscaya banjir tersebut akan berkurang sehingga akan tercipta lingkungan yang aman dan bersih walaupun sedang musim hujan. untuk itu mulai sekarang sangat dianjurkan untuk tidak membuang sampah di sungai dan menjaga kebersihan sungai agar tidak ada lagi banjir yang datang dan menyebarkan penyakit. Karena jika dibiarkan terus, penyakit bisa melanda mulai dari penyakit kulit sampai penyakit yang lain sehingga lagi-lagi kita harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan dan juga rumah sakit. Oleh karena itu jagalah di mulai dari kesehatan lingkungan.

Salah satu upaya untuk mencegah datangnya penyakit yaitu menningkatkan kekebalan tubuh, dan hal ini bisa dengan mengkonsumsi asli. Banyak sekarang toko madu asli yang menjual aneka madu mulai dari madu murni, madu diet, madu kejantanan, madu langsing, madu maag, madu penyubur kandungan dan lain-lain.