Cara Minum Kopi Arabika Yang Nikmat

0
Posted in Food By AmyFlora

Orange Roses Meaning-Kopi arabika sebenarnya merupakan istilah untuk menggambarkan cara pembuatan kopi yang ada di kebanyakan Arab di seluruh Jawa Timur. Ada banyak cara yang digunakan tiap daerah dalam cara mendapat biji kopi entah di panggang, di fermentasi dll.  

Untuk membuat kopi arabika kamu harus menyiapkan kompor yang biasa disebut dengan “dallah” . kopi yang sudah masak dituang ke dalam termos dan kemudian di sajikan ke dalam gelas kecil yang biasa disebut dengan “finjaan”. Jika kamu belum pernah mencobanya mungkin kalian kaget karena kopi arabika sangat berbeda dengan kopi jenis barat yang biasa diminum. Nah, pada artikel ini saya akan bahas mengenai cara minum kopi arabika ini.

Untuk tahu cara minum kopi arabika seharusnya kita tahu dulu cara membuat kopi arabika , kalian harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu misalnya bubuk kopi arabika, air, bubuk kapulaga atau kapulaga yang sudah dihancurkan, cengkeh pilihan, kunyit dan juga air mawar pilihan.

Cara Minum Kopi Arabika Yang Nikmat

Untuk mendapatkan bubuk kopi arabika kamu bisa membelinya di toko yang khusus menjual kopi. Biasanya toko tersebut akan menjual biji kopi yang sudah dipanggang atau bubuk kopi. Beberapa toko yang menjual kopi biasanya akan menawarkan kopi arabika yang sudah dicampur dengan bumbu tertentu.

Jika kalian takut kopi yang dihasilkan tidak sesuai dengan selera kalian, kalian bisa membeli kopi arabika nya saja atau membeli biji kopi arabika yang masih belum dipanggamg sehingga kalian bisa memanggangnya sendiri di rumah.

Cara minum kopi arabika dan cara membuatnya memang bisa dibilang unik karena banyak sekali tahapan yang harus dilalui. Jika kamu memilih membeli biji kopi arabika, sebelum membuatnya kamu bisa menggilingnya terlebih dahulu sampai halus.

Setelah itu, tumbuk buah kapulaga dengan cobek atau ulek atau juga bagian belakang dari sendok. Jika kamu ingin mengikuti car pembuatan kopi seperti yang dilakukan di Timur Tengah, kamu harus menyajikan kopi dalam termos dan kemudian panaskan lagi dengan mengisi air mendidih ke dalamnya. Panaskan air ke dalam dallah atau kompor. Tuangkan 3 gelas air kemudian didihkan dengan suhu sedang saja.

Jika kamu tidak punya dallah, kamu bisa pakai panci kok jual green coffee karena akan sama saja. Setelah 30 menit, angkat dallah dari kompor dan diamkan hingga beberapa saat. Setelah itu, masukkan kopi ke dalam air kemudian panaskan lagi ke dalam dallah di atas kompor seperti tadi.

Kamu tidak perlu mengaduk kopi karena pada saat proses pendidihan, bubuk kopi sudah tercampur dengan sendirinya kog dengan air. Untuk menyeduh kopi, sebaiknya kamu kecilkan api kompor karena pada proses ini kamu hanya perlu api kecil.

Cara Minum Kopi Arabika Yang Nikmat

Seduh kopi hingga busa mulai naik ke permukaan dallah atau panci. Yang perlu diingat adalah, jangan membiarkan kopi mendidih karena ini akan membuatnya menjadi hangus. Lihat , jika kopi sudah mulai mendidih, angkat dallah dan matikan apinya.  

Ketika busa nya berkurang kamu baru bisa menambahkan kapulaganya. Tuang kopi ke dalam termos. Jika ingin meminumnya, kamu tuang kopi dengan penyaring dan tuang ke dalam gelas kecil di piring saji jika kamu ingin menyajikannya secara tardisonal.  

Kopi arabika biasanya dibuat tanpa gula tetapi kamu bisa menambahkan kurma untuk membuatnya menjadi manis. Jika kamu ingin menambahkan susu kedalam kopi arabika sebenarnya boleh saja tetapi kopi yang diproses dengan pemanggangan yang ringan lebih baik diminum tanpa campuran susu kedalamnya.

baiklah, itu saja artikel mengenai cara minum kopi arabika yang benar. Jika kamu penasaran dengan rasanya, silahkan mencobanya sendiri di rumah dengan melihat tahapan-tahapan dan cara minum kopi arabika yang sudah saya informasikan sebelumnya. Semoga bermanfaat ya guys. Selamat mencoba.