Daftar Alat Kesehatan Yang Paling Sering Dipakai Tenaga Medis

0
Posted in Kesehatan By AmyFlora

Untuk para tenaga medis, alat kesehatan merupakan barang mutlak yang dibutuhkan, karena dengan adanya alat akan memudahkan mereka dalam melakukan pemeriksaan dan perawatan pada pasien. Dengan alat kesehatan seorang dokter akan bisa mendeteksi gejala dan penyakit apa yang sedang diderita pasien. Dan berikut adalah beberapa alat kesehatan yang sering digunakan oleh para tenaga medis :

Daftar Alat Kesehatan Yang Paling Sering Dipakai Tenaga Medis

  1. Stetoskop

Inilah alat kesehatan yang paling identik dengan seorang dokter, karena setiap dokter pasti memiliki stetoskop ini. Dengan alat ini kondisi pasien bisa diperiksa terutama mengenai bunyi denyut jantung, paru-paru serta aliran darah di dalam pembuluh arteri dan vena.

Selain untuk memeriksa kondisi pasien secara , stetoskop juga bisa digunakan secara khusus untuk memeriksa pasien yang menderita sakit bronkitis, paru-paru dan penyakit jantung. Dengan pesatnya perkembangan , stetoskop pun terus mengalami evolusi, dimana saat ini sudah diciptakan stetoskop elektronik yaitu sebuah stetoskop yang dapat disambungkan ke sehingga hasil pemeriksaan yang telah dilakukan bisa tersimpan secara digital.

  1. Mesin EKG

Mesin EKG merupakan peralatan medis yang berfungsi untuk memeriksa aktivitas elektronik dari organ jantung pasien dan banyak digunakan diberbagai klinik dan rumah sakit. Biasanya Mesin EKG digunakan untuk mendiagnosa penyakit jantung yang dialami pasien, karena dengan mesin EKG detak jantung pasien dapat dideteksi secara lebih akurat. Mengingat betapa pentingnya alat ini dalam dunia kesehatan, sehingga mendorong para distributor dan toko alat kesehatan untuk mulai menyediakan peralatan mesin EKG. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan jenis dan tipe dari mesin EKG itu sendiri. Untuk informasi daftar harga mesin EKG selengkapnya bisa anda tanyakan dan cek langsung ke toko alat kesehatan terdekat di daerah anda.

  1. Termometer

Termometer merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur suhu badan pasien, dalam pengukurannya biasanya termometer diletakan di bagian mulut, telinga atau ketiak.

  1. Sphygmomanometer

Sphygmomanometer atau tensimeter merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur tekanan darah pasien, sehingga nantinya akan bisa diketahui keadaan pasien secara keseluruhan. Alat ini biasanya digunakan pada pemeriksaan awal pasien dan secara khusus biasa digunakan untuk mendiagnosa pasien yang menderita penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), tekanan darah rendah (hipotensi), diabetes dan beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan tekanan darah.

  1. Penlight

Alat yang bebentuk seperti pulpen dan dilengkapi dengan penerangan ini biasa digunakan untuk membantu dokter dalam memeriksa mulut, mata dan THT pasien. Walaupun mungkin terlihat sepele namun penlight ini sangat dibutuhkan oleh para dokter, bidan, perawat dan tenaga medis lainnya.

Selain kelima alat diatas sebenarnya masih banyak peralatan medis lain yang digunakan seperti otoskop, alat USG, spirometer, audiometer dan alat-alat kesehatan lainnya.

You might also likeclose