Produksi Kurma di Indonesia? Bisa Kok!

0
Posted in Food By AmyFlora

Produksi Kurma di Indonesia? Bisa Kok!
Kurma merupakan salah satu buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Terutama saat menjelang bulan puasa, jumlah peminatnya pasti akan meningkat tajam. Hal membuat produksi kurma di Indonesia terus ditingkatkan demi mencukupi kebutuhan kurma dari dalam negeri. Kita juga harus mengetahui bahwa buah kurma tidak hanya bisa tumbuh di negeri asalnya saja yaitu Arab. Buah kurma juga bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, terlebih lagi jenis yang banyak dijual di pusat oleh-oleh haji.

Budidaya Untuk Meningkatkan Produksi Kurma Di Indonesia
Pada awalnya memang banyak sekali yang beranggapan bahwa kurma hanya bisa tumbuh subur dan berbuah dengan baik di negeri tempat asalnya yaitu Arab. Namun pada faktanya sekarang ini buah kurma seperti menjadi sebuah merk andalan dari beberapa negara seperti misalnya buah kurma dari California, buah kurma dari Australia, buah kurma dari Thailand dan buah Kurma dari Indonesia.

Produksi kurma di Indonesia sendiri terletak lebih tepatnya didaerah Bangka dekat dengan kota Pangkal Pinang. Disana perkebunan kurma sudah memiliki lahan yang cukup luas yaitu sekitar enam hektar yang masih aktif berproduksi. Dan yang paling di Aceh juga sudah dikembangkan untuk meningkatkan produksi kurma dengan luas lahan sebesar seratus hektar.

Memang jika dilihat dari keuntungannya produksi kurma di Indonesia bisa berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan keuntungan produksi kelapa sawit. Namun yang juga harus diperhatikan bahwa jika sampai gagal panen atau juga gagal menanam kerugian yang kita tanggung juga berkali-kali lipat dibandingkan dengan kelapa sawit.
Produksi kurma di Indonesia sendiri tergolong lebih baik jika dibandingkan dengan negara asalnya yaitu Arab. Karena di negara asalnya untuk satu pohon kurma membutuhkan waktu sampai sepuluh tahun untuk dapat berbuah dan berproduksi secara aktif. Tapi di Indonesia sendiri hanya membutuhkan waktu enam tahun saja atau setengahnya. Terlebih lagi pohon kurma ajwa, akan lebih produktif dan menghasilkan banyak untung bila digalakkan penanamannya. Hasil panennya bisa disuplai ke tempat grosir yang khusus jual kurma ajwa di berbagai kota besar Indonesia.

Salah satu alasannya adalah tanah di Indonesia yang terkenal subur jika dibandingkan dengan di Negeri Arab, membuat pohon kurma akan lebih banyak menerima nutrisi untuk dapat berbuah. Produksi kurma di Indonesia semakin hari juga akan semakin ditingkatkan untuk mencukupi kebutuhan kurma di dalam negeri.

 

You might also likeclose