Perbedaan Antara Bandwidth dan Transfer Data

0
Posted in Teknologi By AmyFlora

Perbedaan Antara Bandwidth dan Transfer Data

Seringkali penyedia hosting berbicara mengenai bandwidth dan transfer data sebagai entitas yang sama. Namun, pada faktanya mereka sebenarnya berbeda.

  • Bandwidth merupakan jumlah data maksimal yang dapat ditransfer pada satu waktu.
  • Transfer data adalah jumlah sebenarnya dari data yang ditransfer.

Bisa diibaratkan seperti terowongan. Jika bandwidth diibaratkan seperti terowongan, semakin lebar terowongan tentunya semakin banyak mobil yang bisa melewatinya pada satu waktu. Sementara transfer data dapat diibaratkan seperti mobil yang melewati terowongan tersebut, jumlah mobil yang melintas selama beberapa waktu misalnya sebulan.

Bagaimana Keduanya Mempengaruhi Kamu?

Semakin kecil bandwidth yang kamu miliki, akan berpengaruh kepada waktu loading kamu yang semakin lambat, terlepas dari koneksi internet yang digunakan oleh pengunjung. Pengunjung harus menunggu giliran mereka.

Semakin sedikit transfer daya yang kamu miliki, semakin sering kamu mendapati situs kamu tidak tersedia karena telah mencapai jumlah maksimum data yang diperbolehkan untuk ditransfer.

Bagi Anda yang memiliki Website Perusahaan yang memiliki pengunjung yang sangat banyak. Maka Anda membutuhkan bandwidth dan transfer data yang sangat besar

Berapa Banyak Yang Kamu Butuhkan?

Pertama tentunya kamu harus terlebih dahulu untuk menentukan apa yang cukup agar situs kamu berjalan. Kamu perlu untuk menghitung ukuran situs kamu dan jumlah pengunjung yang kamu miliki dalam satu bulan. Tujuan kamu adalah agar semua pengunjung dapat melihat situs kamu tanpa masalah.

Yang perlu dihitung adalah:

– Perkiraan jumlah pengunjung dalam satu bulan.
– Rata-rata ukuran dari halaman situs kamu (termasuk semua teks, gambar dan file lainnya).
– Perkiraan jumlah page view untuk setiap pengunjung.

Cara menghitung transfer data adalah dengan mengalikan jumlah pengunjung dengan page view dengan ukuran halaman situs x 30 hari (atau 1 bulan), merupakan jumlah perkiraan transfer data situs kamu setiap bulan.

Misal kamu memperkirakan ada 1.000 pengunjung per harinya, dan setiap pengunjung rata-rata page view-nya adalah 2,5, serta ukuran dari halaman situs kamu rata-rata adalah 30kb.

Maka perhitungan jumlah transfer data setiap bulannya adalah:

1000 x 2,5 x 30kb x 30 hari
= 2.250.000kb atau 2,5GB / bulan.

Apabila Anda membutuhkan Web Hosting Indonesia untuk Perusahaan Anda, maka https://www.jakartawebhosting.com menyediakan layanan web hosting dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.